SAAT MENONJOL

Baca: Yohanes 11:45-57


Bacaan tahunan: 2 Korintus 9-13

Orang yang menonjol atau berprestasi lebih banyak dimusuhi dan dibenci. Hal ini sudah biasa terjadi. Sahabat kami disayang atasannya melebihi rekan-rekan kerjanya yang lain karena sangat jujur dan tanggung jawab dalam bekerja. Namun, beberapa rekannya tidak menyukai dan kerap mengejeknya.

Jika saat ini kita mengalami berbagai tekanan karena menonjol dalam hal yang benar, jangan pernah berhenti untuk terus menghasilkan hal-hal yang terbaik. Kristus menonjol di antara orang-orang Yahudi karena Dia mengadakan banyak mujizat seperti menyembuhkan orang sakit, bahkan membangkitkan orang mati. Secara pengajaran, apa yang Kristus ajarkan tentang Kerajaan Allah pun benar, namun sangat menganggu kenyamanan imam-imam kepala dan orang-orang Farisi. Mereka merasa terancam dengan kepopuleran Yesus. Mereka sudah melakukan segala cara untuk menjatuhkan Yesus, tapi selalu gagal. Rakyat malah semakin banyak mengikut Yesus. Itulah sebabnya mereka sepakat membunuh Yesus (ay. 53). Kalau Yesus yang sempurna saja dibenci, bahkan hendak dibunuh, kita sebagai pengikut Yesus hendaknya tidak kaget kalau kita pun ditekan habis-habisan saat berbuat benar.

Setiap ketidaknyamanan hidup yang harus kita alami karena berbuat benar, justru membuat kita makin tangguh dan dewasa secara rohani. Mereka yang memusuhi kita sebetulnya memuji kita dengan cara yang salah. Mereka iri dan benci itu wajar, karena keburukan mereka nampak saat kita menonjol. Tetap rendah hati dan selalu lakukan apa yang benar sesuai firman Tuhan. --RTG/www.renunganharian.net


TEKANAN ITU BAIK KARENA MEMBUAT KITA MAKIN TANGGUH DAN DEWASA.


Comments powered by Disqus

Navigation

Change Language

Social Media