SEPENUH HATI

Baca: 1 Raja-raja 11:1-13


Bacaan tahunan: Kisah Para Rasul 1-3

Suatu hari saya menonton film di rumah. Dalam film tersebut sang istri menemukan hadiah perhiasan mahal yang disembunyikan suaminya. Ia berseri-seri dan terharu karena merasa suaminya akan memberikan perhiasan tersebut sebagai kejutan saat ia ulang tahun minggu depan. Saat ulang tahun tiba, hadiah dari sang suami ternyata bukanlah perhiasan mahal tersebut. Perhiasan mahal itu ternyata bukan untuk istrinya melainkan untuk kekasih gelap sang suami. Hancur sudah hati sang istri karena ternyata suaminya tidak mencintai dia sepenuh hati.

Hal yang sama terjadi pada kehidupan raja Salomo. Menggantikan raja Daud, pada awalnya raja Salomo mengikuti perintah TUHAN dengan setia. Salomo juga tidak meminta kekayaan, umur panjang atau kekuasaan, melainkan hikmat. Karenanya TUHAN menganugerahkan kekayaan dan kebesaran pada kerajaan Salomo. Namun sayang, di akhir hidupnya, raja Salomo gagal menjaga hatinya sehingga berpaling pada allah-allah lain (ay. 4).

Nas hari ini mengingatkan agar kita tetap setia mengikut TUHAN dengan sepenuh hati. Bagaimana caranya? Yakni hidup dengan tulus hati, beralaskan kebenaran, dan melakukan apa yang diperintahkan oleh TUHAN melalui Firman-Nya (1Raj. 9:4). Mengikut TUHAN dengan sepenuh hati akan menjaga fokus kita tetap pada TUHAN, bukan pada keadaan atau situasi yang kita alami, sehingga kita akan terhindar dari bahaya menyimpang dari jalan kebenaran dan kebaikan yang sudah TUHAN tetapkan dalam kehidupan kita. --HC/www.renunganharian.net


JANGANLAH MENYIMPANG KE KANAN ATAU KE KIRI, SUPAYA ENGKAU BERUNTUNG, KE MANA PUN ENGKAU PERGI.-YOSUA 1:7


Navigation

Change Language

Social Media