GRATIS! GRATIS!

Baca: 2 Korintus 11:7-9


Bacaan tahunan: Ibrani 1-4

Salah satu kiat cerdik penjualan ialah dengan menawarkan paket gratis. Pembeli dibuat merasa dirinya dimanjakan dan diuntungkan oleh barang atau produk yang dapat diperoleh tanpa membayar. Semisal, beli satu dapat satu gratis. Namun benarkah itu sungguh-sungguh bebas biaya sehingga bisa diberikan secara cuma-cuma kepada siapa saja? Tidak! Di balik paket gratis tetap ada biaya. Pasti ada sektor lain yang menopang biaya promosi tersebut.

Hubungan Paulus dengan jemaat Korintus mirip gelombang pasang surut, tenang dan tegang silih berganti. Salah satu alasan ialah menyusupnya para penginjil keliling yang menjajakan firman Allah demi keuntungan finansial (2Kor. 2:17). Mereka menghasut jemaat itu untuk menentang Paulus. Akibatnya, keintiman mereka teracuni. Sadar akan situasi-walaupun berhak-Paulus sengaja menolak segala bentuk bantuan finansial dari jemaat Korintus (1Kor. 9:9-12). Pelayanannya kepada jemaat itu tak berbayar. Namun, sebagai gantinya, harus ada jemaat lain yang menopang pelayanan sang rasul dengan tunjangan finansial-seperti jemaat Filipi (Flp. 4:14-18). Itulah maksud Paulus dengan "jemaat-jemaat lain telah kurampok ..." (ay. 8).

Dalam hidup ini tak ada yang gratis. Segala yang datang sebagai pemberian, hadiah, atau hak istimewa yang bukan hasil upaya kita, bukan berarti tidak ada harga yang harus dibayar. Anugerah keselamatan pun, ada Kristus yang membayar lunas harganya demi kita. Maka, jangan pernah meremehkan dan melupakan pihak-pihak yang telah menebus ongkos pengorbanan demi keselamatan, kebaikan, kelancaran, kenyamanan, dan kebahagiaan kita. --PAD/www.renunganharian.net


SYUKURILAH SETIAP ANUGERAH SEKALIGUS HARGAILAH SIAPA YANG TELAH MENEBUS HARGANYA SEHINGGA ANUGERAH ITU SAMPAI KEPADA KITA.


Navigation

Change Language

Social Media