BANJIR INFORMASI

Baca: Filipi 4:2-9


Bacaan tahunan: 1 Tesalonika 1-5

Bila dahulu informasi hanya didapat melalui koran harian dan radio serta televisi yang menyajikan berita setiap beberapa jam sekali, maka sekarang informasi mengalir deras ke dalam pikiran kita dalam hitungan menit bahkan detik. Aliran deras informasi entah yang baik maupun yang buruk itu seolah seperti banjir informasi yang menghantam dan memengaruhi hidup kita. Mungkinkah kita dapat lolos dari banjir itu?

Kehidupan jemaat Filipi tenyata tidak lepas dari pergumulan dan masalah. Hati dan pikiran ternyata menjadi salah satu sumber masalah di dalam jemaat. Ada perselisihan di sana karena tidak sehati sepikir, ada tekanan kesulitan, dan ada kekhawatiran, karena itu Paulus menasihati mereka untuk sehati sepikir, bersukacita, dan tidak khawatir. Ia juga mendoakan agar hati dan pikiran jemaat dipenuhi oleh damai sejahtera Kristus yang melampaui segala akal sehingga pikiran jemaat hanya memikirkan hal-hal yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar dan hal-hal yang disebut kebajikan dan patut dipuji. Itulah pikiran yang berkenan kepada Allah.

Biarpun kapasitas penyimpanan data di dalam otak manusia amat sangat besar, tetapi rasanya sayang sekali bila diisi dengan hal-hal yang merusak, tidak berguna dan tidak membangun. Pikiran anak-anak Tuhan seharusnya sejalan dengan pikiran Tuhan yang adalah baik. Marilah pikiran kita tidak tenggelam dalam banjir informasi karena kita bisa memilih sebagian informasi saja, yaitu yang baik, berguna dan memuliakan Tuhan. --ANT/www.renunganharian.net


BUAT APA MENGISI PIKIRAN KITA DENGAN SEMUA INFORMASI KALAU KITA SEBENARNYA HANYA PERLU SEBAGIAN SAJA.


Navigation

Change Language

Social Media