AVATAR

Baca: Keluaran 9:13-26


Bacaan tahunan: Kisah Para Rasul 1-3

Dalam film serial Avatar kita menyaksikan peragaan dari kekuatan super hebat yang dikandung oleh keempat unsur alam yang paling fundamental, yakni bumi (tanah), angin, air, dan api. Apabila digunakan dan diperlihatkan secara maksimal masing-masing unsur itu memiliki kekuatan mahadahsyat yang mematikan.

Secara silih berganti, tulah-tulah di Mesir memperlihatkan bagaimana keempat unsur alam melayani kehendak Tuhan untuk menghukum tanah Mesir akibat kekerasan hati Firaun. Setelah berulang kali peringatan dan hukuman diberikan namun tak mencairkan situasi sama sekali, datanglah tulah ketujuh. Yaitu hujan es bersuhu dingin ekstrem yang memiliki daya beku tak kenal ampun, mematikan segala yang hidup (ay. 25). Siapa yang tak mengindahkan peringatan pasti dibinasakannya (ay. 19). Begitulah gambaran hati raja Mesir yang kaku membeku itu: dingin, keras, dan mendatangkan bencana atas kehidupan di sekitarnya.

Kebekuan hati sungguh melumpuhkan. Sapaan dan peringatan sebaik apa pun diabaikannya. Hubungan kasih sayang diputuskannya. Wajah cerah nan ceria dihapuskannya. Kesempatan baik dilewatkannya. Kerja sama dirusakkannya. Maka, sebaiknya lakukan apa saja yang layak diupayakan demi mencegah hati kita atau hati sesama terlanjur menjadi beku. Cairkan kembali hubungan yang dingin. Bakarlah semangat. Hangatkan suasana. Hidupkan keakraban. Apa saja. Ingat, kebekuan hati membinasakan hidup anugerah Tuhan ini! --PAD/www.renunganharian.net


LAKUKAN SEGALA YANG PERLU, JANGAN TUNGGU SAMPAI SEBUAH HATI TERLANJUR MEMBEKU.


Navigation

Change Language

Social Media