JANDA DI SARFAT

Baca: 1 RAJA-RAJA 17


Bacaan tahunan: Keluaran 17–19

Elia adalah nabi yang dipakai Tuhan untuk menunjukkan kuasa-Nya kepada Raja Ahab. Saat Tuhan tidak menurunkan hujan dan terjadi kelaparan di seluruh negeri, Tuhan tetap memelihara hidup Elia. Tuhan memerintahkan burung-burung gagak memberi makan (ay. 6). Setelah sungai Kerit kering airnya, Tuhan memerintahkan Elia pergi ke wilayah Sidon dan diam di Sarfat. Karena Tuhan sudah memerintahkan seorang janda di Sarfat untuk memberinya makan. Meski Sidon adalah pusat penyembahan Baal, ternyata janda ini takut akan Tuhan. Hal ini dibuktikan dengan dia berbuat seperti apa yang dikatakan Elia (ay. 15).

Kisah burung gagak dan janda di Sarfat menunjukkan bahwa Tuhan bisa memakai siapa saja untuk menolong kita. Tidak ada jaminan bahwa saudara atau saudari seiman pasti bersedia dipakai Tuhan untuk menolong kita, padahal kita tahu mereka rajin ke gereja, bahkan mungkin juga mereka aktif pelayanan ini dan itu. Jangan pernah membatasi kuasa Tuhan, dengan memandang rendah orang-orang tertentu, karena mereka bisa saja dipakai Tuhan menjadi alat-Nya.

Kalau orang yang belum percaya Kristus bisa menolong siapa saja, termasuk kita, alangkah baiknya kita pun mau dipakai Tuhan untuk menolong siapa saja. Jangan pasif atau hitung-hitungan saat Tuhan mengirimkan orang-orang tertentu untuk ditolong, sekalipun dia belum percaya Kristus. Mari dengan penuh ketulusan kita miliki hati yang penuh kasih seperti Kristus, yang selalu mau dan siap menolong siapa saja.
-RTG/www.renunganharian.net


TUHAN BISA MEMAKAI SIAPA SAJA UNTUK MENOLONG KITA


Navigation

Change Language

Social Media