MENCARI HORMAT

Baca: LUKAS 14:7-11


Bacaan tahunan: 2 Raja-raja 6-8

Lebih baik kita mendapatkan hormat yang diberikan oleh orang lain, bukan yang dicari. Hormat diberikan karena kita memang pantas menerimanya, bukan karena kita yang menuntutnya dari orang lain. Biasanya, orang akan memberikan hormat yang tinggi karena apa yang ada di dalam kita. Tuhan Yesus disembah dan diagungkan bukan karena ia kaya, tubuhnya atletis, atau wajah-Nya menawan. Tetapi, Dia mendapatkan hormat yang tertinggi berdasarkan "siapa Dia" dan "apa yang telah dilakukan-Nya".

Bukankah banyak orang tua yang sekalipun nampak biasa, tetapi begitu kita hormati karena apa yang ada di dalam mereka? Orang tidak peduli apa yang kita katakan, tetapi apa yang kita bangun. Jangan kita sudah tidak punya karakter diri yang baik dan tidak menunjukkan prestasi karya apa pun, tetapi gampang merajuk ketika tidak dihormati. Justru orang akan memandang rendah kita.

Kalau mau mencari hormat, carilah hormat yang dari Tuhan, bukan dari manusia. Karena hormat dari Tuhan bernilai kekal dan tidak mudah berubah. Tuhan menghargai mereka yang tekun membenahi karakter diri, sesuatu yang di dalam ketimbang penampilan yang di luar. Mereka setia melakukan apa yang Tuhan minta sekalipun luput dari sorotan perhatian dan pengagungan orang sekitar. Bagi mereka, hormat manusia hanyalah bonus yang tidak perlu dikejar! --HTN/www.renunganharian.net


ORANG YANG MENGUTAMAKAN HORMAT DARI TUHAN TIDAK GAMPANG TERGANGGU KETIKA HORMAT MANUSIA TIDAK DIPEROLEHNYA.


Navigation

Change Language

Social Media