MENGHITUNG RISIKO

Baca: Lukas 14:28-35


Bacaan tahunan: Bilangan 30-31

Atlet renang Olimpiade termasyhur, Michael Phelps, pernah berujar, "Jika Anda ingin menjadi yang terbaik, Anda harus melakukan hal-hal yang orang lain tidak mau lakukan." Beberapa hal yang Phelps lakukan misalnya: berada dalam kolam renang sejak pukul 06.30 pagi selama 6 hari seminggu termasuk tanggal merah, berenang sejauh 13 km setiap berlatih, serta melakukan 500 kali sit-up usai setiap sesi renang. Phelps berkeputusan melakukan itu semua sejak usia 15 tahun. Hasilnya, ia memenangkan 23 medali emas Olimpiade.

Ada tuntutan berbeda yang Yesus minta dari pengikut-Nya. Permintaan Yesus tampak sederhana, tidak serumit tuntutan menjadi juara Olimpiade. Semua pengikut Yesus seharusnya dapat memenuhinya, yaitu agar kita bersedia melepaskan diri dari segala milik kita. Kita harus mendahulukan Kristus dibanding kepentingan orang tua, pasangan, anak, dan sanak saudara. Selain itu, jangankan harta, nyawa pun perlu siap kita relakan. Semua tuntutan ini harus dipertimbangkan masak-masak sebelum menjadi murid-Nya.

Murid Yesus mungkin tidak menyangka bakal menghadapi situasi sulit. Mereka merasa populer dan terlindung karena tidak seorang pun dapat mengalahkan Yesus. Namun ketika Yesus dianiaya, mereka sangat ketakutan dan meninggalkan-Nya. Toh akhirnya mereka rela kehilangan segalanya dengan tetap berpegang pada iman mereka. Dan sebagai pengikut Yesus di zaman ini, kita pun berisiko kehilangan segala yang kita anggap berharga. Bagaimanapun, Kristus jauh lebih berharga dan layak kita pertahankan. --HEM/www.renunganharian.net


MARI BERHITUNG RISIKO MENGIKUT KRISTUS. SETELAH KEPUTUSAN DIAMBIL, RELAKAN UNTUK MELEPASKAN SEGALA MILIK KITA.


Navigation

Change Language

Social Media