PAX ROMANA

Baca: LUKAS 2:1-7


Bacaan tahunan: Galatia 4-6

Kaisar Agustus (63 SM-14 M) adalah Kaisar Romawi yang pertama, setelah ia berhasil mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian dan kesejahteraan di Roma. Ia juga membangun jalan raya yang menghubungkan seluruh daerah kekuasaannya. Seni, budaya dan arsitektur berkembang pesat. Keadaan itu dikenal dengan sebutan Pax Romana atau kedamaian Romawi.

Kaisar inilah yang memerintahkan pengadaan sensus untuk seluruh wilayah kekuasaannya, termasuk Israel. Tujuannya ialah sebagai dasar penetapan pajak. Karenanya, Yusuf dan Maria harus berangkat dari Nazaret tempat tinggal mereka saat itu ke Betlehem, tanah leluhur mereka, menempuh perjalanan berhari-hari yang panjang dan tidak nyaman. Padahal, Maria sedang hamil tua. Mereka melakukan perintah itu dengan rela dan taat.

Kaisar Agustus bukanlah penyembah Allah. Tapi tanpa ia sadari, perintahnya memaksa Yusuf dan Maria kembali ke kota Daud dan melahirkan Yesus Kristus di sana. Perintahnya membuat nubuatan tentang kelahiran Mesias tergenapi. Dari peristiwa ini, kita melihat sungguh tepatlah perkataan Paulus, bahwa semua pemerintah berasal dari Allah dan ditetapkan oleh Allah (Rm. 13:1). Ini menunjukkan bahwa sesungguhnya, Allah memegang kendali atas seluruh dunia ini. Bahkan sekalipun para penguasa di dunia tidak mengenal dan menghormati Dia, namun Allah berkuasa menggenapi kehendak-Nya melalui mereka. Inilah salah satu alasan mengapa kita diperintahkan untuk bersikap hormat dan tunduk kepada pemerintah. --HT/www.renunganharian.net


ALLAH TETAP BEKERJA DI DUNIA INI UNTUK MENGGENAPI KEHENDAK-NYA, BAHKAN MELALUI KEHIDUPAN ORANG-ORANG YANG MENENTANG-NYA.


Navigation

Change Language

Social Media