HANDUK DAN BASKOM

Baca: YOHANES 13:1-20


Bacaan tahunan: 1 Samuel 8-11

Kepemimpinan adalah suatu posisi. Perusahaan, kelompok, dan organisasi mempunyai para pemimpinnya. Kepemimpinan adalah suatu hubungan. Ada yang memimpin, ada yang menjadi pengikut. Pemimpin dikenal melalui tindakan kepemimpinan yang mereka perlihatkan. Seseorang mungkin mempunyai sederet sifat seorang pemimpin, tetapi bila ia tidak pernah mengambil tindakan untuk memimpin, ia belumlah dikatakan sebagai seorang pemimpin.

Kepemimpinan kristiani berbeda dari kepemimpinan yang lain dalam hal motivasinya, yaitu alasan dari tindakan-tindakannya. Pemimpin kristiani sejati dimulai dari "handuk" dan "baskom"! Sebagai seorang pemimpin, Yesus melakukan sebuah tindakan yang tidak lazim yaitu membasuh kaki para pengikut-Nya. Dianggap tidak lazim karena membasuh kaki bawahan dianggap sebuah tindakan yang merendahkan harga dirinya sendiri. Mungkin itu sebuah alasan mengapa Petrus berusaha mencegah ketika Yesus hendak membasuh kakinya. Ya, memang Yesus hendak merendahkan diri-Nya seperti seorang hamba yang tidak memiliki hak, bahkan atas dirinya sendiri, untuk memberikan hidup bagi orang lain.

Yesus hendak menunjukkan kepada kita bahwa demikianlah para pemimpin kristiani selayaknya menjalankan tugas kepemimpinannya! Seorang pemimpin yang tidak menggunakan kedudukannya demi mencari kekuasaan dan keuntungan, sebaliknya ia bekerja untuk melayani, memberi tanpa pamrih, selalu rendah hati di hadapan Tuhan dan sesamanya. Kepemimpinan handuk dan baskom. Kiranya hal ini akan selalu mengingatkan kita kepada keteladanan Kristus ketika menunjukkan kepemimpinan-Nya. --SYS/www.renunganharian.net


KEPEMIMPINAN ADALAH BUKAN TENTANG MENINGGIKAN DIRI SENDIRI TETAPI TENTANG BAGAIMANA MENGANGKAT ORANG LAIN.


Navigation

Change Language

Social Media